-->

Istilah dalam Game yang wajib kamu ketahui , Modder Masuk !

Halau para gamer disini , kita akan membahas tentang beberapa istilah dalam game yang berhubungan dengan performa dan kualitas game secara menyeluruhan, ngomong-ngomong kamu sendiri seorang gamer yang mementingkan performa maksimal, seimbang, atau quality. Tentu kita akan membahas 3 hal tersebut karna tidak semua orang terutama di negara di negara kita yaitu Indonesia tidak semuanya atau hanya sebagian kecil kita yang bisa menjadi Pc Mastard Race :3 ,oke let's continue to our list!

1. Resolusi 

Dalam suatu pengalaman gaming tentu kita menggunakan monitor tentunya (ngak aku pakai proyektor) ,kita harus mengenal apa itu yang disebut dengan resolusi, tentu kalian telah tahu apa itu resolusi, secara garis besar resolusi merupakan sebuah satuan yang menentukan berapa banyak pixel yang akan di tampilkan pada sebuah layar dan cukup berpengaruh pada suatu kualitas gambar yang akan ditampilkan selama bermain game secara garis besar ada beberapa resolusi yang cukup familiar bagi kita seperti 800x600, 1024x720, 1336x768, 1080x720, 1440x900 dan masih banyak lagi, dengan format AAAxBBB yaitu A menunjukan lebar dan B menunjukan tinggi layar.



Pernah melihat tulisan 60fps, 45fps,30fps,25fps,dan 15fps dipojok layar kamu? hal itu disebut fps atau frames per secon/layar per detik, hal ini mendasari suatu game bisa playable atau tidak tapi juga tergantung dari diri para pemain, anggaplah kita memainkan game di komputer mid-end maka jika kita bermain game yang lumayan berat dengan setting high maka kita akan mendapat fps lebih sedikit atau anggap saja 30fps dan kalau kita mensetting low besar kemungkinan kita mendapat 60fps.

Tapi apa hubungan fps dengan kepuasan yang didapatkan ketika kita bermain game? lihatlah video singkat di bawah,




Jadi bisa dibilang bahwa fps membawa impact besar dalam pengalaman gaming kalian, tapi mungkin beberapa dari kalian sering bertanya-tanya mengapa fps di Console dan di Pc terasa jauh berbeda? di Console yang cuma 30fps terasa jauh lebih smooth daripada 30fps di pc? mungkin karena di console mereka menggunakan metode seperti berikut,

-Menggunakan Blur

-Manajemen engine game lebih baik
-Controller yang kurang sensitive (Joy Stick)

Coba main 30fps di pc pasti terasa sangat hampa dan menyebalkan bukan? :3



2. Texture Quality


Texture Quality, Oke selanjutnya adalah texture quality / kualitas texture. Dalam suatu game ada beberap ahal yang mempengarruhi suatu kualitas grafis salah satunya adalah texture. Texture merupakan tampilan dari suatu model yang ada digame seperti contoh diatas. Modelnya sama tapi Texturenya berbeda, yang kiri High Texture dan yang kanan Vanilla Texture.

Tapi apakah texture quality harus mentok kanan agar mendapat qualitas gambar terbaik? jawabannya tidak. Saya pernah memainkan game Farcry 4 dan GTA V dengan Low Texture tapi karena berkat weather dan effek game yang mengagumkan,saya melupakan betapa buruknya texture yang saya dapatkan.

ahh? Game Play yang Utama !!! 
Semakin besar texture yang kamu gunakan maka semakin penih juga VRAM kamu sehingga menjadi lag yang mengganggu pengalaman bermain,terutama di PC.

3. Anti-Aliasing 



Sebelumnya kalian perlu mengerti apa itu Aliasing, Aliasing merupakan garis tidak lurus dalam suatu hasil akhir grafis game. Apa yang menyebabkan Aliasing? adalah resolusi rendah yang ada di monitormu dan menyebabkan adanya garis yang terlihat kasar,jadi intinya anti-aliasing untuk menghindari adanya aliasing tersebut.


Spatial Anti-aliasing: Anti-aliasing ini menggunakan metode me-render gambar atau grafis di resolusi yang paling tinggi lalu dikonversi ke resolusi yang kamu pakai. Inilah yang akan menyebabkan gambar/frame yang ditampilkan pada game berupa gambar/frame yang ada di resolusi lebih tinggi dari resolusi yang kamu pakai. Anti-aliasing hanya berpengaruh pada garis di sekeliling objek. Biasanya memiliki pilihan pengaturan seperti MSAA (Multisample Anti-Aliasing) dan SSAA (Super Sample Anti-Aliasing, dikenal juga sebagai FSAA atau Full Screen Anti-Aliasing).

Post-Processing Anti-aliasing: Anti-aliasing ini menggunakan metode menghaluskan tepi gambar setelah gambar di-render atau diproses. Yang dihaluskan adalah semua pixel yang ada di dalam game, termasuk shaders, dan miliki beberapa pengaturan seperti Nvidia’s FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing), TXAA (Temporal Anti-Aliasing), SMAA, dan AMD’s MLAA (Morphological Anti-Aliasing).

Ada beberapa game yang tidak ada pengaturan untuk mengatur Anti-Aliasing,jadi kamu harus mengaturnya di control panel,oh ya jangan lupa Anti-Aliasing memakan VRAM-mu !!!

4. Vsync

Vertical Synchronazation atau Vsync berfungsi mensingkronkan fps output dari game,jadi berfungsi untuk mencegak shuttering atau gambar robek di game, bayangkan layar monitor atau laptopmu memiliki fps sebesar 60fps tapi kamu memaksakan untuk bermain game 90fps atau 120fps? gambar pecah yang kau dapatkan. Mana Screenshotnya? percayalah itu urusan Hardware. Jadi Vsync berfungsi sebagai fps limiter. Banyak teknologi Vsync eksklusif dari VGA card ternama dengan driver mereka seperti Misalnya, Nvidia’s G-Sync dan AMD’s FreeSync, yang bisa mengurangi lag yang disebabkan VSync. Tapi menggunakan fitur VSync dengan driver VGA, juga memiliki syarat yaitu GPU dan layar yang harus kompatibel. Maka dari itu, lebih baik kamu mematikan Vsync untuk menikmati game yang lebih lancar walaupun kadang gambar terbelah tiba-tiba.



5. Tessellation

Istilah dalam game Tessellation memiliki fungsi yang penting juga karena dapat memberikan efek lebih nyata dalam game. Kenapa? karena tessellation berfungsi membantu GPU atau graphics card menemukan tambahan lekukan di permukaan tekstur yang akan memberikan efek benjolan seperti tangga, benjolan di tanah, dan sebagainya.

Tapi perlu diketahui, tessellation ini akan sangat menguras memori VGA. Jadi, game yang kamu mainkan lagi-lagi harus merasakan lag. Buat kamu yang mempunyai spek komputer yang super, mungkin ini akan memperindah pengalaman bermain game kamu.

Sayangi PC !!!
6. Ambient Occlusion

Istilah gaming berikutnya adalah ambient occlusion. Ini berfungsi memberikan bayangan untuk memberi kesan realistis pada benda-benda yang ada di game. Maka dari itu, pengaturan ini kadang dipisahkan dari shadow karena berbeda dari shadow, ambient occlusion ini hanya menambah gelap dan terang di beberapa bagian yang tidak terjangkau oleh bayangan dan cahaya di dalam game.

Efek dari ambient occlusion tidak terlalu terlihat jika kamu tidak terlalu memperhatikan sekitar dalam game. Namun, pengaruhnya cukup terasa karena bayangan benda di game jadi terlihat lebih realistis. Tapi tenang saja, efek ini tidak terlalu menguras VGA kamu. Jadi, terserah kamu mau memakainya ataupun tidak.


7. Anisotropic Filtering

ini adalah salah satu teknik filtering gambar yg digunakan GPU untuk mempertajam tekstur gambar, teknik lainnya adalah BIlinear Filtering dan Trilinear Filtering. Anisotropic ini adl teknik filtering terbaik krn mampu meningkatkan ketajaman tekstur suatu object pada gambar perspektif lebih baik daripada kedua teknik filtering lainnya. 


8. Post Fx

Post fx memberikan efek warna yang lebih beragam dan lebih cerah serta memberikan pengalaman grafis paling baik,sejauh yang saya rasakan. Ada beberapa game yang pernah saya mainkan menggunakan Post Fx dan semuanya terasa sangat  memuaskan.


9. Tress Fx

Subah methode baru yang di kembangkan AMD untuk menambahkan effek rambut yang lebih halus di dalam game, tapi ingat VRAM-mu bisa terkuras habis.


0 Response to "Istilah dalam Game yang wajib kamu ketahui , Modder Masuk !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel