-->

Google Local Guide? Apaan tu?

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Mungkin saat  sobat melihat gambar-gambar suatu tempat di laman google, pasti disana tertulis siapa yang mengupload gambar tersebut dan memberi review atau ulasan terhadap tempat tersebut. Nah, orang-orang itulah yang tergabung dengan Google Local Guide atau dalam bahasa Indonesia adalah Pemandu Lokal Google.
  


Apa itu Google Local Guide???
Google Local Guide adalah program yang dibuat oleh Google dibawah aplikasi Google Maps yang mempunyai tujuan agar orang-orang dapat memberikan kontribusi berupa pengalaman mereka saat mengunjungi suatu tempat, seperti Taman bermain, Hotel, Rumah Sakit, Fasilitas umum maupun  Restoran. Kontribusi yang dihasilkan dapat berupa gambar, jawaban, rating/ peringkat, penambahan tempat, dan bisa juga berupa Edit / koreksi informasi sebuah tempat, sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain sekaligus meningkatkan akurasi dari aplikasi Google Maps.
Sejauh ini, di Indonesia sendiri sudah terdapat sekitar kurang lebih 120.000 local guide yang tergabung di komunitas “Local Guide Indonesia” di Googleplus bukan komunitas resmi sih. :v
Apa sih keuntungan ikut program Google Local Guide???
Setelah memberikan kontribusi, biasanya kita akan mendapatkan poin-poin yang nantinya akan meningkatkan level kita.
Berikut adalah rincian untuk mendapatkan poinnya sob :


Apa gunanya Poin itu?
Poin-poin yang telah kita dapatkan akan meningkatkan level kita. Ibarat sebuah Game Online, level kita ditentukan oleh banyaknya poin yang telah kita dapatkan. Dan saat tiba di level 4, para pemandu akan menerima sebuah badge/ lencana bulat berwarna emas dengan logo bintang putih ditengahnya. Lencana ini diberikan sebagai wujud pernghargaan google kepada para local guide atas kontribusinya dan akan terus berubah seiring dengan meningkatnya level kita.
Berikut adalah Rincian Level Local Guide
     


Local Guide Summit? Apa lagi tu?
Local Guide Summit adalah Acara yang dibuat oleh Google untuk mempertemukan pada pemandu dari berbagai Negara sekaligus berbagi pengalaman mereka saat memberikan kontribusi di Google Local Guide. Local Guide Summit pertama kali diadakan pada 12-14 September 2016 di California, Amerika Serikat yang dihadiri oleh 37 negara dan 75 Local Guide. Tahun ini, Google kembali mengadakan Local Guide Summit yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 dengan kuota 150 pemandu dari 40 Negara.
Syarat ikut Summit 2017 :
  1. Pemandu sekurang-kurangnya berusia 18 Tahun.
  2. Pemandu harus sudah level 5 atau mendapatkan Lencana level 2.
  3. Bisa berbahasa Inggris dengan lancar.
  4. Membuat video selama 1 menit bertemakan “Negara Asal”
  5. Video dikirim paling lambat dikirim pada 24 April 2017
Lho? April? Udah telat dong?
Memang sudah terlambat :v, karena artikel ini dibuat untuk sobat yang baru pertama kali mengenal Google Local Guide, sekaligus sebagai pemanasan apabila sobat ingin mengikuti summit tahun depan :v. Soalnya, kalau pengen ikut summit ada syaratnya lagi, yaitu:
  1. Aktif dalam komunitas local guide
  2. Pernah jadi moderator saat meet up
Susah kan. Emang iya.
Tapi bagi sobat yang akan ikut summit, seluruh biaya akan  ditanggung penuh oleh Google. Mulai dari makanan, penginapan, biaya acara semuanya Gratiss. Enak kan, sekalian liburan disana.
Hadiah Local Guide
Saat awal munculnya program Google Local Guide, pemandu yang telah mencapai level 4 akan mendapatkan penyimpanan google drive gratis sebesar 1000 GB atau yang biaya sewa drive perbulannya IDR 138.000,-.
Tapi, terhitung sejak 17 maret 2017. Hadiah tersebut dihilangkan dengan alasan berkembangnya Local Guide Padahal lumayan sob 1000 GB.
Hadiahnya yang sekarang berupa diskon penyewaan film dan musik. Iya Sob… DISKON PENYEWAAN. Pelit ya :v kebiasaan google.  Ditambah, Negara Kita tercinta hanya kejatahan Penyewaan Film Sumpah Google Pelit Aned (baca:banget).
Namun, selain diskon film, para pemandu yang sudah mencapai level 4 akan diizinkan untuk mencoba aplikasi beta di Google Maps yang belum diluncurkan Google dan mendapatkan bonus-bonus berupa diskon 50% saat menginap di Airy Rooms.
Cara Jadi Pemandu??
Bagi yang mau tergabung dengan Google Local Guide bisa mendaftarkan emailnya via google Maps, nanti cari kolom “kontribusi Anda/ Your Contributions”, dah daftar aja disitu. Lumayan kan sob ada manfaatnya buat ngebantu orang lain, hitung-hitung dapat pahala, bukan ngarepin bonusnya.
Oiya, poin dari Local Guide sobat bisa hangus jika akunnya sobat hapus atau ulasannya melanggar kebijakan local guide seperti mengandung iklan, sponsor, atau hal-hal yang berbau SARA.
Dah demikian sedikit info dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 Response to "Google Local Guide? Apaan tu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel