-->

Fermi Paradoks-Kemana semua orang ?

Pernah melihat langit di malam hari? indah ya? saat saya kecil aku tinggal di desa,jadi belum banyak polusi udara dan melihat langit penuh bintang bukan hal yang mustahil,aku sering menghayal untuk pergi ke tempat bintang-bintang,tapi sekarang aku sadar ada hal besar yang aku lewatkan dan aku butuh waktu 15 tahun untuk menyadarinya.

"Kemana semua orang,kenapa sepi sekali."


Teori Paradoks ini datang dari ilmuan Italia bernama Enrico Dermi pad tahun50-an


Kalau kita melihat teori  Drake Equation seharusnya kita sudah hidup berdampingan dengan banyak peradaban sekitar 1000 sampai 100,000,000 di Galaxy kita bima sakti iyakan?


Tahun 1964 Nikolai kardashev yang berasal dari rusia mengajukan proposal jenis-jenis peradaban yang ada di alam semesta ini. 


Total ada 3 jenis peradaban yang ada di alam semesta

peradaban Tipe I : jenis peradapan yang menuai energi dari planet secara langsung tapi cenderung menghabiskannya. (Carl Sagan bilang peradaban manusia itu masih di kisaran 0.7)


Peradaban Tipe II : Peradapan yang menuai energi secara terus-menerus dari bintang induknya (kayak matahari) ya masih susah di jelaskan untuk manusia, tapi seseorang bernama Freeman Dyson dengan berani-beraninya berteori. kalau peradaban tersebut membuat kubah sebesar Sharivan yang menutupi bintang, lalu mengubah radiasi panas dari bintang itu menjadi energi. Kubah ini dinamakan Dyson Spher,peragaan di bawah,cahaya yang di tengah di umpamakan Matahari.




Peradapan Tipe 3 : Peradapan ini tentu jauh lebih kedepan meninggalkan kita atau mungkin mereka                                     menguasai Galaxy mereka.


Sekarang mari lihat dengan ilmu pengetahuan tentang mereka,alam semesta tercipta pad 13 milyar tahun yang lalu dan bumi berusia 4,5 milyar tahun serta dengan peradapan manusianya yang baru 100-ribu tahunan sudah seperti ini,bayangkan jika bereka sudah berusia 8 milyar tahun? pasti mereka sudah berteknologi pada tingkat yang sangat tinggi dan sangat ekstrim,manusia dari membuat roda sampai membuat mobil butuh waktu sangat lama,tapi dari mobil ke kapal luar angkasa sangat cepat jika di bandingkan,mari membayangkan bumi dan manusia 4 milyar tahun kedepan.

Ini menag hanya sebuah perkiraan tapi mari kita lihat lebih dekat jika peradapan maju melompat dari satu planet ke planet lain di butuhkan 500 tahun maka sudah seharusnya 3,5 milyar sudah bisa menguasai seluruh isi galaxy ya kan?

jika hanya ada 1% peradapan yang melaju di peradapan tipe 3 maka bisa di perkirakan ada 1000 peradapan tipe 3 di sekitar kita,walaupun kita di pinggiran galaxy sudah seharusnya kita bisa merasakan mereka.

"Keenapa kita sendirian,dimana semua orang,terlalu sepi,tolong kunjungi kami." 




,selamat datang di FERMI PARADOKS

And now this , Beberapa teori untuk Fermi Paradoks

A.Tidak ada apa-apa,mereka sudah mati karna seleksi alam oleh Great Filter



Jawaban dari Fermi paradoks yang pertama di beri teori Great Filter,kenapa mereka tidak bisa kita rasakan? karna mereka sudah mati oleh seleksi alam yang di sebut Great Filter.Jadi intinya mereka saat berusaha menjadi tipe II dan III merka hancur dengan sebuah kiamat jadi sangat sedikit dari mereka yang bisa menjadi tipe tersebut atau mereka kembali menjadi semula,menjadi bibit kehidupan dan memulai kehidupan benar-benar dari wal dari mikroorganisme baru,tapi hal ini tetap menyisihkan satu pertanyaan,kapan Great Filter terjadi ?



ada tiga jawaban dari pertanyaan yang mengganggu tersebut,we're rare, we're first or we're fucked.

WE'RE RARE


teorema di dukung Peter Ward dalam bukunya Rare Earth,dalam teori ini mengatakan Great Filter sudah terjadi entah kapan hal itu terjadi saat kita masih berbentuk mikroorganisme,manusia masih pukul-pukul tulang,atau kita sudah mau sampai ke tipe II trus terjadi kiamat yang memaksa peradapan kita kembali dari awal sampai sekarang,kalau teori ini benar maka tidak ada yang bisa menghentikan manusia menjadi mahluk teratas di alam semesta ini dan menjadi peradapan tipe III.





WE'RE FIRST


Teori ini hampir mirip dengan teori pertama tadi hanya saja peradapan yang ada juga yang berhasil melewati Great Filter tapi kita yang pertama,walaupun ini bukan sekedar anomali dan kemungkinannya kecil tapi kita berhasil menjadi juara pertama dan yang lain hanya mengekor di belakang kita



WE'RE FUCKED

Ini merupakan Teori dengan kemungkinan paling buruk yaitu Great Filter sama sekali belum terjadi dan kita belum menghadapinya,bisa saja Global Warming atau Asteroid menabrak bumi,yang paling buruk semua yang ada di dunia ini sudah di beri perintah untuk Self Destruct.

"Segala sesesuatu yang di mulai pasti punya akhir."



B.Evolusi itu lumrah cara berpikir yang baik adalah dengan menyampingkan  teori Great FIlter

1. entitas super intelek kemungkinan udah pernah ke bumi, tapi pada zaman dahulu kala.



Manusia di bumi ini masih terhitung muda baru sekitar 100.000 ribu tahun dan tidak bisa di bandingkan dengan umur alam semesta ini,teori ini menyatakan mereka pernah singgal di bumi di masa lalu entah itu di jam dinosaurus masih saling menggigit,atau jaman kera berusaha berdiri tegak,mungkin ketika manusia masih berusaha menjatuhkan rantai makanan dan menuju ke puncak.

2. Bumi ada di daerah pinggiran.



Bumi kita ini berada di pinggiran Galaxy ini,itulah bunyi teori yang satu ini.

3. Peradaban tipe III gak mau campur urusan peradaban primitif



Peradapan tipe III tidak mau ikut campur dengan urusan kita sebagai mahluk Primitif,bisa di bilang dari teori tipe peradapan bahwa peradapan tipe III itu mirip dengan semi dewa,dan bisa melakukan apapun sesuai keinginan mereka dengan mudah,atau mereka sudah sampai pada titik Elevated One dimana mereka tidak tinggal di dimensi fisik atau meninggalkan semua hal berbau fisik mereka sehingga mereka hidup dengan kesadaran murni.
“Ajaib,Abadi,dan Diam.”

4. Galaxy dalam perang bintang



Fantasi banget yah?Ada suatu peradapan yang di namakan manusia  terus-menerus memberikan sinyal keluar angkasa agar bisa di balas oleh mahluk luar angkasa agar bisa di kunjungi tapi bagaimana jika mahluk lain malah sembunyi karena ada perang bintang di luar angkasa?Inilah yang mendasari banyak film fiksi barat,Stephen Hawking sudah mengingatkan agar manusia tidak terus mengundang mahluk luar untuk datang kebumi dengan alasan keamanan

5. ada satu peradaban super yang dominan di galaxy



Dari teori ini menyatakan bahwa ada suatu peradapan super yang menghancurkan planet lain atau mungkin galaxy lain untuk kepentingan sendiri atau menjaga kedaulatan,dan ada yang berpendapat bahwa mereka sengaja mengembang biakan mahluk lain sebagai bahan pangan atau untuk kepentingan tertentu.

6. Manusia terlalu primitif



Tidak ada yang menjamin bahwa alien masih menggunakan teknologi komunikasi kita sekarang seperti radio,mungkin mereka sudah menggunakan komunikasi cahaya,Subspace,Ultra Advanced Network dan kita belum tahu sama sekali.

7. kita sudah mendapat kontak, tapi pemerintah menyembunyikan kenyataan ini.



Pemerintah tahu mereka ada dan sudah berkomunikasi,dan pemerintah berusaha menyembunyikannya.

8. The Prime Directive



Teori ini berpendapat bahwa semua mahluk cerdas membuat sebuah federasi bersama guna menjaga keamanan seluruh alam semesta,bayangkan jika tidak ada penjaga,pasti peradapan tipe III bisa dengan leluasa menjajah peradapan lain,dan juga jika manusia bisa memperoleh teknologi peradapan tipe III maka manusia siap mengalami perang level lanjut

diluar grup 1 dan 2, ada satu lagi solusi Fermi Paradox yang rada nyleneh, yaitu:

C. Tidak ada itu yang namanya realitas, kita hidup dalam kebohongan.



Dunia ini hanya simulasi komputer tingkat lanjut buatan  mahluk super cerdas agar bisa membuat simulasi alam semesta,memang terlihat mengada-ada tapi ini merupakan pendapat orang Oxford yang bernama Nick Bostrom.

"Dunia hanya ilusi."

ENDING

Ya itu lah sebagian teori alam semesta di dunia ini yang di bungkus sebagai paradoks,semoga menghibur dan memberi sedikit inspirasi bagi kita,alam ini adalah ciptaan tuhan dan hanya dia yang tahu kebenarannya.

0 Response to "Fermi Paradoks-Kemana semua orang ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel