-->

TOP 3 CUSTOM ROM ANDROID


Bagi kalian yang belum mengenal apa itu Custom Rom , Custom Rom Android merupakan modifikasi dari Read Only Memory(ROM) yang berada di Chip-IC yang biasanya berbentuk Firmware yang di olah oleh pihak ketiga untuk di sesuaikan sesuai keinginan pihak ketiga tersebut tak terkecuali Android. Apakah mengganti Firmware bawaan Android itu ilegal ? , of course not ! Android merupakan suatu projek sumber terbuka dari perusahaan Google yang lebih biasa disebut Android Open Source Project(AOSP) , jadi jika ada pihak perseorangan atau kelompok ingin mengubah Android maka sah-sah saja asal tidak merombak core dari Android itu sendiri tapi jika perusahaan yang ingin menggunakan Android maka harus menyertakan Aplikasi bawaan Google di Android seperti Google Play,Gmail,dkk.

    Okay sekarang kita mulai tiga besar custom Rom terbaik yang terkenal di Dunia.

1.CyanogenMod


            Dahulu kala ada seorang progammer bernama Steve Kondik,yang berhasil menemukan celah di Android pertama yang rilis di device T-Mobile G1 yang mana dia berhasil menemukan celah dari Android yang membuat dia bisa merubah fitur di Android tersebut dengan modal kemampuan Programming yang dia miliki diapun mulai membuat versi purwarupa dari CyanogenMod , dia pun mulai di lirik samsung pada tahun 2011 untuk menerima pekerjaan sebagai Software Engineer , tapi itu bukan akhir dari CyanogenMod dan dia memutuskan keluar dari Samsung setelah menimba ilmu yang cukup dia pun membuat perusahaan Cyanogen Inc  dan projek yang dulunya cuma iseng akhirnya bisa dijual.    Tentu seperti semua hal yang terjadi ketika pengguna Android merombak sistem Android adalah garansi yang hilang karna tentu saja Google tidak mau tanggung jawab akan apa yang terjadi. Tapi yang terlepas dari semua itu CyanogenMod sama sekali bukan Custom Rom kacangan karena memiliki banyak kontributor dalam pembuatannya , CyanogenMod memiliki tampilan visual yang sama persis dengan AOSP hanya saja sudah di bersihkan ‘program sampah’ yang terdapat di Android bawaan sehingga sangat ringan dan memiliki fitur tanam seperti Theme Engine,BSP Manager,SuperUser,dll. Ukuran CyanogenMod ukurannya juga bisa dibilang kecil bahkan device lama seperti Galaxy Y yang memiliki Internal kecil bisa menjalankan CM11(Kitkat).

    Tidak salah jika pengguna CyanogenMod semakin meningkat dan mulai dilirik para perusahaan Smartphone ,bahkan Microsoft sudah menginvestasikan uang di Cyanogen Inc ,dan sebagai contoh yang sudah menggunkan CyanogenMod adalah Oneplus One,Micromax YU Yureka,YU Yuphoriau, Andromax Q,dan Zuk Z1.

Perkembangannya dari 
CM7(Ginggerbread-2.x)   
CM7
CM9(Ice Cream Sandwich-4.0.4)    
CM9
CM10(JellyBean-4.1)
CM10

CM10.1(JellyBean-4.2)    

CM 10.1
CM11(Kitkat-4.x) 
CM11
           
CM12(Lollipop-5.0) 
CM12
CM12.1(Lollipop-5.1)  
CM12.1
 ,dan yang baru adalah CM13(Marshmallow).
CM13

Dan perubahaan yang paling mencolok adalah dari Kitkat ke Lollipop karna dari segi struktur yang berbeda di bagian sistem dan teknologi yang di berikan sebagai contoh Lollipop ke atas menggunakan Engine ART,pemisahan ODEX.GZ dan Aplikasi Sistem ,dan Root yang bersifat Script dan bukannya aplikasi tanam.


2.Android Open Kang Project
 

AOKP merupakan pilihan tepat bagi para pengguna android yang ingin melakukan modif pada Android secara system untuk bahan uji coba , AOKP terkenal karna ketangguhannya dan juga kestabilannya ,sering di gunakan untuk based ROM para pengembang Custom Rom dan banyak fitur kostumisasi manual di Rom ini. Hampir sama dengan Cyanogenmod dari segitampilan ,AOKP dibuat oleh kelompok programer yang menamai dirinya Team Kang .Namanya merupakan plesetan dari Android Open Source Project dan di ganti menjadi Android Open Kang Project ,walaupun dulu Cuma plesetan tapi karna para pengguna menyukai nama tersebut maka di tetapkanlah nama itu sebagai nama resmi dari Custom Rom ini.

Pertama di kembangkan oleh Roman Birgdaridasaran Rom Android Open Source Project dari Google ,pertama kali dirilis dan bentuk Android ICS dan yang paling terakhir Kitkat yang masih Nightingale dan tercatat pada September 2013 telah digunakan sebanyak 3.5 juta orang di seluruh dunia menjadikan Rom dengan Moto 




3.MIUI Rom

       

      Pada suatu di tempat yang jauh yang sekarang biasa di panggil China ada sebuah perusahaan Smartphone yang bernama Xiaomi mengembangkan suatu Sistem Operasi yang berbasis dari Android Open Source Project bernama MIUI Rom ,antar mukanya bisa dibilang dibuat mirip dengan IOS dari Apple atau TouchWiz dari Samsung ,MIUI memiliki banyak fitur yang tidak di Android Stock termasuk dukungan tema yang bisa di download pengguna dan di aplikasikan di Rom ini. Pada mulanya MIUI di bentuk dari Android Froyo-2.2.x dan pengembangan dari CyanogenMod 6 yang di kembangkan perusahaan asal China yaitu Xiaomi. Custom Rom ini sudah menambahkan fitur yang belum terlalu terkenal pada Smartphone yang dulu berupa Notes,Backup,Musik,dan Galeri.

    MIUI tidak mentertakan Google Service di peluncurannya di Tiongkok,tapi ketika memperluas distribusinya di Hongkong,Taiwan,dan daerah lain di luar Tiongkok.Miui sudah mempunyai Google Service dalam satu paket GAPPS (Gmail,Google Maps,Google Play,dll) yang dirilis pertama kali di Hongkong,Taiwan,India,Singapore,Malaysia,dan Indonesia. Asal nama MIUI berasal dari dua singkatan yaitu MI dan UI , MI berarti Mobile Internet dan Mission Impossible dan UI yang berarti User Interface ,hal itu menggambarkan kesulitan yang di hadapi Xiaomi dalam pembuatannya.

    MIUI pada awalnya cuma digunakan di device Xiaomi dan seiring waktu banyak pengguna Android yang ingin mencoba dan mengggunakan Rom MIUI ,jadi  MIUI memberikan firmware gratis yang dapat di download melalui website atau forum mereka yang nantinya dapat di porting ke device pengguna non-Xiaomioleh pihak ketiga.Perkembangan MIUI :
MIUI V1(Froyo-2.2.x)           
MIUI V2(Froyo2.2.x)        
MIUI V3(Ginggerbread-2.x)
MIUI v4(Ice Cream Sandwich-4.0.4)    
MIUI v5(JellyBean-4.1 sampai Kitkat-4.4)
MIUI v6(Lollipop-5.0)

CONTOH ROM MIUI v5

LINK OFFICIAL MIUI ROM  


Launcher MIUI 3.0.0
Jika kalian ingin tampilannya seperti MIUI tapi males buat Port ROM silakan download Launcher MIUI di bawah

LINK MIUI LAUNCHER

    MIUI memang bisa di bilang Custom Rom yang memakan banyak Ram karna alasan tampilan dan juga juga manajemen Ram yang di desaign khusus untuk HP High-End pada Rom Officialnya. Tapi hal itu juga tidak menyurutkan para pengguna MIUI yang dari hari ke hari semakin banyak dan juga banyak developer Custom Rom yang membuat versi Unofficial yang bisa di sesuaikan device yang di inginkan.Seiring berkembangnya Android dan Device MIUI meningkatkan penggunaan Engine terbaru seperti ART dan membuat UI berbasis Flat dan Solid Color seperti IOS yang membuat ROM ini semakin baik untuk di gunakan ,dan hal itu lah yang membuat MIUI Rom menempati urutan ketiga.

Frequently asked questions

FAQ     : Hai,mau tanya ini custom ROM nya cuma UI atau Sistemnya Juga?
Answer : YA,saya sudah bongkar sistemnya dan benar informasi diatas sesuai fakta,saya juga sudah mencoba mengganti no versinya dan yang terjadi Android tidak menerima aplikasi sistem tersebut karena berbeda dengan list Stock di sitem Built nya,jika ingin hasil terbaik untuk ROM silahkan gabung atau ikuti grup-grup pengembang yang ada di XDA atau forum KASKUS mungkin anda bisa menemukan ROM yang sudah diport di device anda.

FAQ : Kok ukuran rom CM sangat kecil di bandingkan custom lainnya?
Answer : ya kalau itu silahkan tanya di cyanogenmod.org

FAQ : aku sudah download ROM MIUI nya di link diatas tapi kok bentuknya ngak ZIP ya?
Answer : itu hanya file untuk Flash jadi kamu harus membuat ROM nya sendiri atau cari di google dengan kata kunci "MIUI ROM (hp kamu)" , semoga ketemu jangan takut banyak developer Indonesia yang sudah mengeport MIUI.

FAQ : Aduh Bootloop !!!
Answer : Try at your own risk.

FAQ : Hai,cara ngecek versi android gimana?
Answer : Hal ini yang sering menjadi polemik,banyak orang membuat kustom ROM yang ngakunya "apa" kenyataannya "apa" ,coba cek versi aplikasi gawan sistem seperti "teleppon,sms,browser,dll"

FAQ : Linknya mana ?
Answer : Ini cuma review.

FAQ : TSnya ganteng.
Answer : Makasih.

OK,tadilah ROM yang telah aku rangkup dalam kotegori ROM terbaik untuk Android dan jika ada pertanyaan atau hal lain silahkan tanyakan aku di Sini

0 Response to "TOP 3 CUSTOM ROM ANDROID"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel