KOMPUTER GENERASI KE GENERASI
A.
Komputer Sebelum 1940
a. Abacus
Abacus atau Sempoa adalah alat kuno untuk berhitung yang
dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik yang bisa
digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat.
b. Roda Numberik
Blaise Pascal mencipta mesin hitung mekanika pertama pada
tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan cara
menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam
bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan
oleh William Leibnitz.
c . Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas di Colmar menemukan mesin yang
mampu untuk melakukan empat fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar,
Arithometer, mempresentasikan pendekatan yang menjadi lebih praktis di dalam
kalkulasi karena alat tersebut bisa untuk melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian.
B. Komputer Sesudah Tahun 1940
a.Komputer Generasi Pertama
Awal
mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia
kedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha
mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis
yang dimiliki oleh komputer. Tahun 1941, seorang insinyur
Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain
pesawat terbang dan juga peluru kendali. Pada tahun 1943, pihak Inggris
berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi namakan
Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh
negara Jerman. Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi
perkembangan industri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan
yaitu ; yang pertama, colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa
inggrisnya “general purpose computer”, ia dibuat hanya agar bisa memecahkan
kode rahasia. Yang kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga
satu dekade setelah perang selesai.
Usaha yang dilakukan oleh
pihak Amerika adalah menghasilkan suatu kemajuan lain jika dibandingkan dengan
sekutu. Seorang insinyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973)
bekerja sama dengan IBM, berhasil menghasilkan kalkulator elektronik untuk US
Navy. Kalkulator itu berukuran sangat besar, yaitu dengan panjang setengah
lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil (besar
sekali bukan). Komputer itu adalah ; The Harvd-IBM Automatic Sequence
Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I
menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark I
beropreasi dengan lambat, ia memerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap
perhitungan dan tidak fleksibel yaitu urutan kalkulasinya tidak dapat diubah.
Mark I tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang
lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain
pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer singkatannya
adalah ENIAC, dirancang oleh John Presper Eckert [1919-1995] dan John W.
Mauchly [1907-1980], yang diciptakan berkat kerjasama antara pemerintah Amerika
Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ENIAC terdiri dari 18.000
tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer ENIAC
merupakan komputer yang sangat besar ia membutuhkan daya sebesar 160kW. ENIAC
merupakan komputer serbaguna [general purpose computer] yang mampu bekerja 1000
kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark I. Pada pertengahan
tahun 1940-an, John von Neumann [1903-1957] bergabung dengan tim University of
Pennsylvania dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang sampai 40
tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer. Von Neumann
mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer [EDVAC] pada tahun
1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Cara ini
memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui satu sumber tunggal. Pada tahun 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya
adalah Universal Automatic Computer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi
komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann itu.
Badan Sensus Amerika Serikat
dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil yang sangat mengesankan
yang dicapai oleh UNIVAC adalah pada saat berhasil memprediksi kemenangan
Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden pada Tahun 1952.
Setiap komputer generasi
pertama memiliki ciri yaitu Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum
Tube), program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam
bahasa inggrisnya adalah “machine language” dengan menggunakan kode 0 dan 1
dalam urutan tertentu. Komputer generasi ini membutuhkan tempat yang luas dan
memerlukan banyak pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas.
b. Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh
terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran
mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih
kecil.
Transistor mulai dipakai
dalam teknologi komputer dimulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulu sebelumnya. Mesin pertama yang dapat memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah data yang
besar, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
komputer LARC itu sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan
komputasi bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas. Hanya ada dua LARC
yang pernah dipasang dan digunakan ; yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya ada di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa
mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Kemudian pada awal tahun
1960-an, mulailah bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka
juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada
saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan
program. Sebagai salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM
1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar memakai komputer generasi kedua sebagai alat untuk
memproses informasi keuangan perusahaan.
Program yang tersimpan di
dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan
fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer
dengan harga yang pantas bagi penggunaan komputer untuk bisnis. Dengan konsep
ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
kemudian muncullah Berbagai macam karir baru di bidang komputer seperti
programmer, analyst, teknisi komputer dan lain-lain. Industri perangkat lunak
pun juga mulai bermunculan dan berkembang pada generasi kedua komputer ini.
C. Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang
paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga
muncul sejak era 1965-1971-an. Meskipun transistor dalam banyak hal memiliki
kemampuan yang melebihi tube vakum, tapi transistor terlalu besar dalam
menghasilkan panas, yang berpotensi bisa merusak bagian-bagian dalam komputer.
Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi
lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ) untuk
menghilangkan masalah. Seorang insinyur di Texas Instrument, bernama Jack Kilby
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon
yang kecil terbuat dari pasir kuarsa. kemudian para ilmuwan berhasil memasukkan
lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang dinamakan
semikonduktor.
Sehingga menghasilkan sebuah
komputer yang semakin kecil karena komponen yang ada di dalamnya dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga yang lain adalah
penggunaan sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya operating system, yaitu
suatu sistem yang memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai program yang
berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengawasi atau
memonitor dan mengkoordinasi memori mesin komputer.
D. Komputer Generasi Keempat
Pengembangan komputer menjadi lebih jelas yaitu
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik. Large Scale
Integration atau LSI dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian
tahun 1980-an, Very Large Scale Integration atau VLSI memuat ribuan komponen
dalam satu chip tunggal.
ULSI atau yang disebut
dengan Ultra-Large Scale Integration mampu meningkatkan jumlah tersebut menjadi
jutaan. Kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam satu keping yang
berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal itu ternyata juga mampu meningkatkan daya kerja, efisiensi dan
kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang telah dibuat pada tahun 1971 membawa
dampak kemajuan terhadap IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (yaitu central processing unit, memori, dan kendali input/output)
dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelum itu, IC dibuat untuk mengerjakan
suatu tugas tertentu yang bersifat spesifik. dan Sekarang, sebuah mikroprosesor
dapat diciptakan dan kemudian diprogram untuk memenuhi semua kebutuhan yang
diinginkan. Tidak lama setelah itu, setiap perangkat rumah tangga seperti
microwave oven, televisi, dan juga mobil dengan electronic fuel injection,
semuanya dilengkapi dengan alat yang disebut mikroprosesor.
Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit komputer menawarkan hasil ciptaan komputer mereka ke
masyarakat umum. Komputer-komputer itu, yang disebut dengan mini komputer, mini
komputer itu dijual dengan paket perangkat lunak atau software yang mudah untuk
digunakan oleh kalangan awam. Perangkat lunak atau software yang paling populer
pada masa itu adalah program word processing dan spreadsheet.
Kemudian pada tahun 1981,
IBM mencoba mengenalkan penggunaan mesin komputer yang disebut dengan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. PAda tahun 1981
penggunaan Personal kumputer hanya 2 juta unit kemudian pada tahun 1981
lelonjak naik menjadi 5,5 juta unit. Lalu sepuluh tahun kemudian, PC sebanyak
65 juta telah digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang
lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja yang biasa disebut dengan
desktop computer, menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas atau
disebut dengan laptop, atau bahkan komputer yang dapat digenggam yaitu palm
top.
Karena komputer telah mampu
menjadi ladang bisnis yang cerah, maka munculnya persaingan antara IBM PC
dengan perusahaan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh yang menjadi terkenal karena mampu mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya yang masih menggunakan komputer yang berbasis
teks. Perusahaan Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat keras mouse.
Seiring dengan menjamurnya dan berkembangnya
penggunaan teknologi komputer di tempat kerja, kemudian cara-cara baru untuk
menggali potensia yang ada di komputer terus dikembangkan. Dengan bertambah
kuatnya suatu komputer mini, komputer-komputer itu bisa dihubungkan secara
bersamaan di dalam suatu jaringan (net) untuk saling berbagi memori, perangkat
lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang
lainnya dalam satu waktu. Komputer jaringan memungkinkan sebuah komputer dapat
membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan
menggunakan teknik pengkabelan langsung (sebagai contoh adalah seperti local
area network, LAN), atau kabel telepon, kemudian jaringan ini dapat berkembang
menjadi jaringan yang sangat besar dan terus berkembang.
E. Mobile Platform
Kemajuan teknologi membuat manusia terus berada dekat
dengan teknologi, maka manusia menciptakan komputer segenggaman tangan, dengan
perkembangan hardware yang semakin “mengecil” tiap harinya. Bukan tidak mungkin
memiliki spesifikasi tinggi dengan senggenggaman tangan dengan banyak fitur
yang bisa di kembangkan tidak hanya oleh produsen tapi juga pengguna sebagai
pihak ketiga.
Dulu handphone atau yang lebih banyak di kenal di dunia internasional sebagai Mobile Platform tidak di perhitungkan kemajuannya bahkan ramalan para peneliti menyebutkan hp akan memili berat 5 kilo tapi lihat kenyataannya, dengan segala kemampuan yang dimilikinya dan bertindak sebagai “Otak Kedua” manusia Mobile Platform sangat berkembang dewasa ini. Dengan macam-macam OS dan fitur yang bisa menggeser alat elektronik konvesional. Terlepas dari negatif-positifnya generasi ini, kemajuan ini membuka pintu ke generasi berikutnya.
Dulu handphone atau yang lebih banyak di kenal di dunia internasional sebagai Mobile Platform tidak di perhitungkan kemajuannya bahkan ramalan para peneliti menyebutkan hp akan memili berat 5 kilo tapi lihat kenyataannya, dengan segala kemampuan yang dimilikinya dan bertindak sebagai “Otak Kedua” manusia Mobile Platform sangat berkembang dewasa ini. Dengan macam-macam OS dan fitur yang bisa menggeser alat elektronik konvesional. Terlepas dari negatif-positifnya generasi ini, kemajuan ini membuka pintu ke generasi berikutnya.
F. Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan atau
kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks
ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence
atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan
kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya
sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak
bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan
persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal
yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang
masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan
Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki
konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada
ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang
cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk
mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk
contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk
menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan,
suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri,
yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.
Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan,
teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi
perangkat lunak komputer rumah dan video game.
'Kecerdasan buatan' ini
bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga
mengkonstruksinya.
0 Response to "KOMPUTER GENERASI KE GENERASI"
Post a Comment