-->

Filosofi Cina Judul "Orang yang merana karena uang"

sumber : islamidia.com
Selamat malam semuanya. jarang banget ya ketemu sama admin.
semoga tambah kangen. kali ini mimin AIO mau share bacaan yang admin temukan di buku The Best of Chinese Life Philosophies karya Leman. semoga menambah wawasannya yah. :)

Dalam hidup ini orang yang begitu gila dengan uang, kekayaan, dan ambisinya.
Untuk mengejar ambisinya, mereka bahkan sikut kanan sikut kiri, KKN, menjual obat terlarang, melanggar peraturan dan hukum.

Tidak jarang pula mereka mengabaikan kehidupan dan keluarga yang telah dibangunnya selama ini.

Dengan mementingkan dirinya sendiri dan bekerja dari pagi sampai malam untuk kepuasan dirinya saja, apa yang akhirnya ia dapatkan? Kekecewaan, frustasi, dan kehampaan. Bahkan, mereka kadang-kadang tidak tahu lagi apa yang harus diperbuat dengan uangnya yang berlimpah, karena keluarganya berantakan.

Simak kisah berikut, mengenai orang Yongzhou yang pandai berenang tetapi akhirnya mati tenggelam demi uang.

Mati konyol demi uang 

Suatu hari, sekelompok pemuda menyebrangi sungai dengan perahu. Dalam perjalanannya, tiba-tiba arus sungai tersebut berubah menjadi deras dan ganas. Usaha mereka unutuk mempertahankan perahu akhirnya gagal dan perahu tersebut terbalik. Dalam kondisi yang demikian, semua penumpang berusaha menyelamatkan diri dengan berenang sekuat tenaga menuju ke tepi, namun ada seorang yang ketinggalan.

mereka yang lebih dulu sampai ke tepi berteriak kepada temannya yang tertinggal, "ayo cepat! Buang saja uang itu. Apa gunanya uang kalau kamu tenggelam." Orang itu mendengar teriakan temannya, namun hatinya masih merasa sayang untuk mebuang uangnya. Ia masih berusaha berenang dengan membawa sejumlah uang* yang dililitkan di pinggangnya. Namun usahanya sia-sia. Semakin ia berusaha, semakin berkurang tenaganya. Pada akhirnya ia tenggelam bersama uang itu.

*Pada zaman dulu, di China, uang dibuat dari tembaga atau emas yang dibentuk seperti sepatu.

Pesan :
Sekali lagi, saya tidak mengajari Anda untuk tidak mencintai uang, karena menurut saya itu justru bagus. Yang saya tekankan adalah janganlah Anda mati konyol demi uang.

Janganlah melakukan tindakan atau usaha nekat seperti mencuri, merampok, menipu, korupsi, menjual obat-obat terlarang, mengorbankan rakyat kecil, dan jangan sekali-kali memanipulasi uang sumbangan korban bencana.
Terima kasih.

sumber :
- Books : The Best of Chinese Life Philosophies. Leman.

0 Response to "Filosofi Cina Judul "Orang yang merana karena uang""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel