-->

10 Cara Untuk Menghemat Baterai Ponsel/Smartphone

Aio Share - Sungguh tidak menyenangkan tiba-tiba menemukan baterai ponsel mati, apalagi saat kita membutuhkan ponsel untuk tetap berhubungan dengan kolega, kerabat bahkan anggota keluarga.

Ada banyak cara untuk menghemat baterai ponsel. 

Berikut 10 Cara Untuk Menghemat Baterai Ponsel/Smartphone

1. Matikan fungsi getaran

Fungsi getaran sebaiknya dimatikan, karena getaran telepon juga akan memakan daya baterai. Fungsi getar memang membantu memberi tahu pengguna bila ada notifikasi, namun agar ponsel memiliki masa pakai yang lebih lama, sebaiknya matikan fungsi getar ini.

Getaran saat tombol diketuk (umpan balik haptic) juga harus dimatikan.

2. Matikan layanan lokasi (GPS) aplikasi

Sebagian besar aplikasi yang diinstal pada smartphone (Android / iOS) akan melacak lokasi ponsel kita. Saat menggunakan Google Maps, Gojek, Grab dan WhatsApp, kami mungkin tidak ingin menutupnya.

Namun, menyalakan GPS sepanjang hari tanpa pelacakan lokasi hanya akan menghabiskan baterai. Cara ini secara efektif dapat menghemat baterai ponsel.

3. Kurangi kecerahan layar

Metode ini adalah langkah paling sederhana. Sebagai informasi, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin banyak konsumsi daya baterai. Karena itu, konsumen diimbau untuk mengurangi kecerahan layar agar umur ponsel lebih lama.

4. Tutup semua aplikasi yang tidak digunakan

Pengguna ponsel terbiasa untuk tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan. Bahkan aplikasi yang tidak terpakai ini tetap berjalan di sistem ponsel sehingga menguras baterai ponsel.

Multitasking memudahkan pengguna untuk berpindah aplikasi dengan cepat. Namun, disarankan agar pengguna ponsel berusaha menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat baterai.

5. Matikan sinkronisasi otomatis

Menurut laporan Tech Radars, fungsi sinkronisasi otomatis adalah fungsi yang digunakan untuk menyinkronkan informasi di ponsel ke akun email yang terdaftar di ponsel cerdas. Ketika Anda menyimpan kontak baru di ponsel Anda, nomor itu juga akan disimpan di akun email Anda.

Tentu saja, fungsi ini menghabiskan daya. Cara terbaik adalah mematikannya untuk menghemat masa pakai baterai. Pengguna dapat mematikan sinkronisasi otomatis di bagian "Pengaturan".

6. Matikan NFC, WiFi dan Bluetooth

Saat tidak digunakan, sinyal radio yang lebih baik seperti NFC, Wifi dan Bluetooth harus dimatikan. NFC sangat bermanfaat dalam banyak hal, salah satunya adalah pengisian mata uang digital (uang elektronik). Wifi juga berguna saat mengaktifkan hotspot pribadi atau menghubungkan ke WiFi.

7. Gunakan wallpaper hitam non-animasi

Menurut laporan dari Digital Trend, sebagian besar pengguna menyukai wallpaper animasi. Wallpaper ini terlihat cantik dipandang mata, namun sebenarnya menghabiskan daya baterai. Wallpaper hitam non-animasi direkomendasikan

Pada perangkat Android yang dilengkapi layar AMOLED, wallpaper hitam atau gelap akan menghemat masa pakai baterai karena layar hanya mengonsumsi energi untuk menerangi piksel berwarna. Piksel hitam tidak akan menyala dan membutuhkan lebih sedikit daya untuk mempertahankan gambar.

8. Aktifkan fungsi hemat daya

Fungsi hemat daya memungkinkan pengguna untuk sangat menghemat baterai. Pasalnya, fitur ini akan meminimalisir kinerja ponsel. Kabar buruknya adalah setelah mengaktifkan fitur ini, beberapa aplikasi mungkin melambat.

Biasanya saat level baterai ditampilkan sebagai 15%, maka secara otomatis smartphone akan mengaktifkan fungsi ini.

9. Matikan lampu notifikasi dan matikan notifikasi

Lampu notifikasi juga akan menguras baterai. Cara terbaik adalah mematikan lampu karena sebenarnya tidak diperlukan. Yang terbaik adalah menonaktifkan suara notifikasi untuk menghemat lebih banyak daya.

Mematikan lampu dan suara notifikasi akan membuat Anda melewatkan pesan penting. Namun tentu saja, menghentikan pemboman notifikasi WhatsApp dapat mengurangi konsumsi baterai.

10. Ubah jaringan dari 4G ke 3G

Dibandingkan dengan 3G, jaringan 4G masih lemah di beberapa titik. Hal ini disebabkan jangkauan jaringan 3G yang lebih luas dibandingkan 4G.

Jika kualitas sinyal 4G lemah maka smartphone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal tersebut. Ini akan menyerap lebih banyak daya baterai. Oleh karena itu, untuk memperpanjang masa pakai baterai, pengguna disarankan untuk mengaktifkan jaringan 3G ketika sinyal jaringan 4G lemah.

Sumber : | 1 |

0 Response to "10 Cara Untuk Menghemat Baterai Ponsel/Smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel