-->

Cara Merawat Rambut agar Tidak Rontok

Aio Share -  Rambut rontok sudah pasti menjadi masalah umum bagi kebanyakan orang. Apalagi bagi wanita yang biasanya memiliki rambut panjang. apa kamu tahu Apa saja penyebab rambut rontok, kusam, kusut, dan ciri-ciri rambut tidak sehat lainnya? Alasannya sebenarnya bermacam-macam. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan merawat rambut. Bagaimana cara merawat rambut yang benar? 

Setiap orang mungkin telah menerapkan keterampilan perawatan rambut mereka sendiri. Karena memang banyak kebiasaan perawatan rambut yang populer. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan perawatan rambut tertentu berdampak buruk bagi kulit kepala dan rambut?

Karena itu, Anda harus terlebih dahulu menemukan perawatan sederhana dan praktis terbaik untuk rambut Anda. Rambut rontok adalah suatu kondisi di mana rambut kekurangan nutrisi, stres, masalah musiman, dan banyak kondisi lainnya. Untuk mencegah atau bahkan menghilangkan rambut rontok, Anda membutuhkan perawatan rambut berikut ini. Mari lihat. 

Cara merawat rambut agar tidak rontok

1. Cuci rambut Anda secara teratur 

Perawatan rambut pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci rambut secara rutin. Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak keramas setiap hari, sebaiknya tentukan hari apa dalam seminggu untuk keramas. Misalnya keramas 3 kali seminggu. Jika memungkinkan, pilihlah shampo herbal yang memiliki khasiat terhindar dari infeksi dan iritasi kulit kepala. 

Khusus bagi mereka yang memiliki kulit kepala sensitif, harus lebih selektif dalam memilih jenis sampo tertentu. Hindari memilih jenis sampo yang mengandung silikon, sulfat, dan paraben.

2. Gunakan kondisioner setelah keramas 

Jika shampo berfungsi untuk membersihkan rambut, maka bisa dilengkapi dengan conditioner yang mencegah rambut mengering. Setelah menggunakan kondisioner, maka akan terbentuk lapisan pelindung agar rambut tetap sehat. 

Untuk memilih kondisioner yang tepat, sebaiknya pilih kondisioner dengan kandungan asam amino lebih tinggi. Apalagi jika kondisi Anda sedang terkena hujan, sebaiknya segera cuci rambut dan gunakan kondisioner.

3. Pilih sisir yang tepat 

Jangan berasumsi bahwa semua sisir itu sama, baik bergigi rapat atau longgar. Pasalnya, bagi mereka yang memiliki masalah rambut rontok tidak disarankan menggunakan sisir bergigi rapat. Untuk ini, pilih sisir dengan gigi lebar. 

Sisir bergigi lebar dapat meluruskan rambut dengan mudah dan mencegahnya agar tidak rontok. Berbeda dengan sisir bergigi rapat, menyisir tentu membutuhkan tenaga ekstra, apalagi jika rambut kusut, rambut mudah tersangkut, yang bisa menyebabkan rambut rontok lebih banyak.

4. Gunakan minyak rambut 

Ada banyak penyebab rambut rontok. Salah satu penyebabnya adalah rambut kering. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan alat minyak rambut agar rambut Anda tetap lembab dan tidak kering. Karena itu, minyak rambut juga bisa menjaga kesehatan rambut. 

Secara spesifik, minyak rambut akan memberikan manfaat seperti memperlancar peredaran darah dan memperkuat akar rambut. Untuk melakukan ini, coba pijat kulit kepala dan rambut dengan minyak rambut, yang bisa merangsang kulit kepala.

5. Makan lebih banyak makanan bergizi 

Jika rambut Anda rontok parah, ini mungkin menunjukkan bahwa Anda kekurangan nutrisi seperti zat besi, protein, dan omega 3. Karena itu, saat rambut rontok, dokter menganjurkan agar Anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan tersebut. Protein dapat ditemukan pada makanan seperti telur, daging, susu, jeroan, dan ikan laut. 

Zat besi ditemukan dalam kacang-kacangan, brokoli, kerang, bayam dan makanan lainnya. Jika Anda makan ikan teri, biji rami, kenari, kedelai, tiram dan makanan lainnya, Anda bisa mendapatkan omega 3. Artinya perawatan rambut rontok tidak hanya dimulai dari luar saja, tetapi penting juga untuk memulai dari dalam.

6. Hindari perawatan kimia

Di era modern ini, trend rambut tidak kunjung hilang, bahkan gaya-gaya terkini cenderung bermunculan. Anda mungkin juga ingin mencoba tren rambut baru ini, tetapi perlu diingat untuk tidak mengabaikan kesehatan rambut Anda. Anda perlu memperhatikan berbagai perawatan rambut, seperti flat iron, hair spray, pengering rambut, dll. 

Perawatan berbeda ini sebenarnya bisa membuat rambut Anda kering dan rontok seiring waktu. Untuk ini, Anda perlu meminimalkan penggunaan bahan kimia tersebut untuk perawatan rambut.

7. Masker rambut menggunakan bahan alami 

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan masker alami untuk mengurangi kerontokan rambut? Sebenarnya disarankan agar Anda menggunakan masker alami. Karena bahan alami digunakan dalam masker alami, dan nutrisinya bermanfaat bagi rambut. 

Misalnya, masker rambut alami yang populer antara lain masker putih telur, lidah buaya, air kelapa dicampur garam dan sebagainya. Bahan yang mudah didapat tentunya sangat praktis dan tidak membutuhkan perawatan rambut yang mahal.

Rambut adalah mahkotamu. Anda harus tetap sehat. Memiliki rambut yang sehat tidak hanya menunjang penampilan, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari rambut, investasi di bidang kesehatan itu penting. Jangan ragu dan terapkan tips kesehatan berikut untuk Anda. Semoga bermanfaat.

sumber : | 1 |

0 Response to "Cara Merawat Rambut agar Tidak Rontok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel