-->

Perbedaan SNMPTN Dan SBMPTN

SNMPTN & SBMPTN
SNMPTN & SBMPTN


Tahun ini, pemerintah akan membuka dua jalur untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke PTN, yaitu dengan cara SNMPTN dan SBMPTN.


Namun, banyak siswa dan siswi yang tak mengerti perbedaan diantara keduanya. Berikut akan kami bahas perbedaan SNMPTN dan SBMPTN:


1. SNMPTN 

SNMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi seperti apakah? SNMPTN adalah seleksi calon mahasiswa PTN berdasarkan dari nilai rapor, nilai UN, prestasi  siswa selama SMA tanpa adanya tes tertulis.

Seleksi ini adalah seleksi yang sangat banyak diminati oleh para siswa. Mengapa? Karena seleksi ini semuanya serba gratis dan SNMPTN menyediakan kuota paling banyak, sebesar 50% dari kapasitas bangku kuliah yang disediakan.

2. SBMPTN 

Merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Walau hanya memiliki perbedaan 1 huruf dengan SNMPTN, namun ternyata antara SNMPTN dengan SBMPTN memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Jika SNMPTN menggunakan jalur prestasi akademik selama siswa bersekolah di SMA atau setingkatnya, SBMPTN ini menggunakan jalur tes mandiri untuk seleksi masuk PTN. Tes ini diselenggarakan secara serentak diseluruh Indonesia.

Pendaftan SBMPTN dapat dilakukan dengan cara mandiri secara online melalui situs resmi SBMPTN. Syarat pendaftaran umumnya adalah adanya surat kelulusan oleh sekolah dengan tanda bukti ijasah atau surat keterangan lulus dikeluarkan oleh kepala sekolah.

Berbeda dengan SNMPTN yang tak dikenakan biaya apapun, SBMPTN dikenakan biaya dan pembayarannya biasanya melalui transfer ke bank yang bekerjasama dengan panitia SBMPTN. Bank yang biasanya bekerjasama dengan panitia SBMPTN adalah bank Mandiri.


Ya itu tadi perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN.. Semoga menambah wawasan bagi para siswa dan siswi...


sekian terimakasih

0 Response to "Perbedaan SNMPTN Dan SBMPTN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel