-->

Penjelasan Paradoks dan contohnya


Hai sobat perkenalkan saya salah satu Topic Starter di blog ini saya khusus memberikan hal-hal yang berbau unik dan lain sebagainya, pernahkah kalian mendengar istilah Paradoks ? Paradoks yang saya di sini adalah sebuah kejadian seperti PREMIS yang berdasarkan sebuah pernyataan yang benar berdasarkan urutan yang benar tapi bertolak pada kejadian yang akan terjadi selanjutnya maka terbentuknya suatu KESALAHAN atau KETIDAK BENARAN.


Masih bingung ? sama :v 
nih aku kasih contoh simpel :v (bukan anak yimyam)




See? 
1.pernyataan pertama mengatakan bahwa tombol BIRU BENAR dan berarti pernyataan bernilai            BENAR.
2.Tapi pernyataan kedua mengatakan bahwa tombor MERAH SALAH dan tapi pernyataan                    bernilai BENAR.

Maka terjadilah kesalahan dan ketidak benaran karena pernyataan benar yang saling bertolak.

Ayo kita coba yang lain dan mungkin lebih familiar.

Pasti kalian kenal dong sama karakter yang satu ini? yap pinokio,boneka yang sejenis Biological puppet ini memiliki semacam anugrah atau kutukan dimana setiap kali dia berbohong maka hidungnya otomatis memanjang,tapi bagai mana jika kebohongannya benar ? ingat kata-kata Hitler ?

"Tidak masalah jika kau berbohong,asalkan kau bisa mewujudkannya."

sekarang kita gunakan hukum tersebut,bagaimana jika pinokio berkata :

"Hidung saya akan memanjang,sekarang." 

dan paradoks pun akan mulai,apakah menurut kalian pinokio berbohong atau jujur? masih bingung? oke saya jelaskan jika jawabannya bohong maka hidungnya akan memanjang karena itu akan terjadi jika dia berbohong,tapi bukannya dengan begitu dia malah jadi jujur karena hidungnya benar-benar memanjang?ini masih menjadi misteri....

oke sekali lagi,kamu pernah dengar Algoritma? ya benar yaitu suatu susunan langkah untuk mencapai sesuatu dengan perintah,tapi memiliki suatu yang aneh bila kita terapkan di dunia nyata,sekarang saya akan memberi  kamu perintah.

"Pergilah ke toko lalu belikan roti jika ada telur belikan 10."

maka apa yang akan kamu lakukan jika ada telur? tentu kamu akan membeli 1 roti dan 10 telur iyakan? tapi hal itu melanggar perintah karena perintahnya mengatakan "jika ada telur beli 10." , jadi jika kamu pergi ketoko dan mendapati ada telur maka kamu harus membawa roti berjumlah 10,masih bingung ? sama 

oke sampai di situ dulu nanti akan saya kasih cerita paradoks atau cerita lainnya yang akan membuat menghibur dan sedikit serius :)

0 Response to "Penjelasan Paradoks dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel