-->

Keadaan pertanian di Indonesia dilihat dari Statistik dari periode ke periode yang masih memerlukan perhatian ekstra

Indonesia memiliki banyak ragam dan kekayaan alam di berbagai bidang. Pertanian adalah salah satu daerah yang paling mencolok. Di sektor pertanian ini, negara kita telah berhasil mencapai beberapa keberhasilan di dunia. Ini tidak terlepas dari layanan petani yang secara langsung berkontribusi pada keberhasilan pertanian Indonesia di tingkat internasional. Bahkan dari tahun ke tahun, kita dapat memperhatikan pertumbuhan hasil pertanian hingga saat ini. Di beberapa daerah, ada peningkatan. Namun, di beberapa daerah di mana sektor pertanian kurang, secara bertahap menurun. Apa yang kamu pikirkan
Pemerintah Indonesia tentu tidak tinggal diam. Untuk mengevaluasi dan mengendalikan produk pertanian di Indonesia, mereka telah mengumpulkan data dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang telah dilakukan baru-baru ini, ada sebuah buku statistik pertanian yang meninjau data pertanian yang diperlukan. Buku statistik pertanian kemungkinan akan menyediakan seri data selama lima (5) tahun terakhir, yang dibagi menjadi empat (4) bab diskusi, mulai dari sub data sistem agribisnis di hulu sampai dengan data sub sistem agribisnis di hilir

Data dan informasi tentang subsistem agribisnis di hulu meliputi data sumber daya alam (SDA), sumber daya modal, dan fasilitas produksi. Berkenaan dengan pertanian data, subsistem itu sendiri mencakup data produksi dan populasi. Sementara untuk subsistem agribisnis di hilir meliputi data produk tentang nilai tukar petani, perdagangan domestik bruto, produk pertanian, harga dan konsumsi pertanian. Data tentang Subsistem Layanan Pendukung mencakup Sumber Daya Manusia, Hasil Teknologi Pertanian, dan Institusi Pertanian.

Menurut beberapa survei, juga dimungkinkan untuk menyimpulkan beberapa diskusi dasar. Seperti pada 2018, SUTAS 2018 atau Survei Pertanian Antar Sensus 2018 adalah kegiatan survei pertanian yang dilakukan dengan tujuan merekonsiliasi data dari Sensus Pertanian pada 2013 dan Sensus Pertanian pada 2023 dan pertama kali dilakukan oleh BPS. Temuan dari berbagai kegiatan survei menghasilkan beberapa poin penting mengenai situasi sektor pertanian di Indonesia, yaitu:

1. Lahan pertanian yang kurang

Berkurangnya luas lahan untuk pertanian telah mengurangi ruang kerja petani, terutama petani padi. Selain itu, sejumlah besar petani kecil tidak diimbangi dengan area yang sesuai dan tepat. Bahkan, ini mengarah pada penurunan produktivitas, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa banyak petani selalu menanam tanaman. Bahkan petani tidak menyadari masalah pertanian terbaru atau masalah, serta solusi untuk masalah pertanian.

2. Iklim dan Cuaca

Salah satu faktor penting lainnya dalam meningkatkan bisnis pertanian adalah cuaca dan iklim. Sekarang masalah lingkungan yang sering disuarakan adalah tentang masalah pemanasan global yang akan berdampak pada perubahan iklim. Tidak tanggung-tanggung, sejumlah konsekuensi yang disebabkan oleh pemanasan global sudah bisa dirasakan. Misalnya, bencana alam seperti tornado, banjir bandang, badai, tsunami muncul lebih sering di beberapa daerah.

3. Harga Pangan secara global

Era perdagangan bebas seperti sekarang ini, yang menunjukkan integrasi antara pasar domestik dan pasar dunia. Hal ini terutama terjadi dengan konsekuensi keterkaitan antara harga komoditas pertanian pada skala dunia dan harga domestik. Karenanya dinamika biaya komoditas pertanian yang telah terjadi di pasar domestik tidak akan terlepas dari berbagai kebijakan perdagangan termasuk kebijakan harga yang telah diambil oleh pemerintah.

4. Upaya Pemerintah untuk meningkatkan sektor pertanian

Dari berbagai kendala yang dialami apakah Indonesia bisa maju? Tentu saja bisa, melalui kerja keras pemerintah dan masyarakat yang terus membantu. Padahal Sektor Pertanian di Indonesia saat ini masih menjadi ruang bagi rakyat kecil. Sekitar 100 juta orang atau sekitar setengah dari populasi di Indonesia bekerja di sektor pertanian. Untuk alasan ini, Kementerian Pertanian akan melakukan berbagai upaya untuk dapat membina pelaku usaha kecil dan menengah sehingga ini akan menjadi landasan yang kuat untuk mendukung perekonomian Indonesia.
Indonesia masih harus berjuang. Namun, dengan potensi yang ada dan juga upaya bersama dari strategi yang terus dibangun oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, harus ada rasa gotong royong secara terus-menerus di semua bidang yang terkait, mulai dari petani hingga pembuat kebijakan sendiri. Selain itu, mengingat pencapaian sektor pertanian tahun ini dalam keberhasilan swasembada beras, ini telah menunjukkan kemajuan dalam pengembangan pertanian. Upaya memajukan sektor pertanian terus dilakukan, tentunya untuk menghadapi berbagai kendala. Beberapa cara yang sedang dilakukan adalah:

  • Tahun ini pemerintah memiliki fokus pada pengembangan jaringan irigasi. Tentu saja ini dilakukan untuk meningkatkan produksi beras dengan meningkatkan intensitas penanaman dan luas tanam.
  • Pemerintah selalu melakukan berbagai inovasi sehingga dapat mendukung petani sebagai tokoh atau aktor utama untuk meningkatkan produktivitas pangan secara nasional, seperti menciptakan metode budidaya, varietas unggul, atau menangani hama.
  • Inovasi lain adalah upaya untuk membuat terobosan dengan mempertahankan area tanam tanaman padi bulanan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat memantau tingkat penanaman tambahan atau penanaman padi di semua wilayah Indonesia setiap hari.
  • Selain memantau LTT Padi, pemerintah terus mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh petani di lapangan melalui pendirian Institut Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP).
  • Penegakan rehabilitasi pertanian, yaitu dengan memperbaiki lahan yang pada awalnya tidak menghasilkan lebih banyak. Kemudian beberapa upaya dilakukan agar tanah tersebut dapat kembali menjadi tanah produktif. Salah satu upaya adalah mengganti tanaman yang tidak lagi produktif dengan jenis tanaman yang memiliki produktivitas.
Itulah informasi mengenai keadaan pertanian di Indonesia jika dilihat dari Statistik dari periode ke periode yang masih membutuhkan perhatian ekstra. Baik dari pemerintah dan masyarakat, sangat penting untuk berpartisipasi dalam proses penanganan. Sehingga masalah yang terus menghambat sektor pertanian di Indonesia diharapkan dapat diatasi dengan baik. Sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh semua warga negara Indonesia, karena kami sama-sama memperjuangkan pertanian Indonesia yang maju.

Dari sekarang hingga masa depan kami menunggu hasil terbaru atau penyajian data yang berisi kemajuan pertanian di Indonesia. Semoga itu akan terus maju seperti yang diharapkan. Semoga bisa menambah wawasan, pengetahuan kita dan tak lupa berkontribusi juga untuk keberhasilan sektor pertanian di Indonesia!

Sumber : Pertama | Kedua

0 Response to "Keadaan pertanian di Indonesia dilihat dari Statistik dari periode ke periode yang masih memerlukan perhatian ekstra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel