-->

5 Metode dalam Merangkum Suatu Pelajaran


Seringkali seorang pelajar kurang memiliki pemahaman dan penggunaan metode dalam meningkatkan kualitas pemahaman, dan mengoptimalkan ilmunya. oleh sebab itu admin aio ingin share 3 Metode dalam Merangkum Suatu Pelajaran. semoga bermanfaat

1. Metode Outline (Garis Besar)


Sesuai namanya, pada metode ini kita merangkum pelajaran dengan cara menuliskan secara garis besar materi yang sedang diterangkan. Dimulai dengan judul paling awal, lalu dipecah menjadi beberapa subjudul penting di bawahnya. Apabila dirasa kurang spesifik, kita juga bisa menambahkan sub-subjudul di bawah subjudul. Setelah itu kita bisa menambahkan keterangan secara lebih spesifik di bawahnya.

Misalnya materi pada pelajaran biologi dengan judul ‘Makhluk Hidup’, bisa memiliki beberapa subjudul seperti ‘Monera’, ‘Protista’, ‘Fungi’, ‘Plantae’ dan ‘Animali’’. Lalu pada subjudul ‘Fungi’ bisa dijelaskan karakteristiknya, cara mendapat makanan, cara berkembang biak, dsb.

Keuntungan dari merangkum pelajaran dengan metode Outline ini adalah kita bisa membuat rangkuman pelajaran yang ringkas, sederhana namun bisa mencakup semua detail. Sedangkan kekurangannya, rangkuman kita akan terlihat lebih kaku dan membosankan.

2. Metode Cornell


Metode ini dikembangkan tahun 1950-an oleh Prof. Walter Pauk dari Universitas Cornell. Pada metode ini, kita akan membagi lembar kertas catatan menjadi 3 bagian (cue, notes, summary). Bagian tengah halaman dibagi 2 kolom dengan ukuran kolom sebelah kiri lebih kecil. Sekitar 3-4 baris paling bawah dipisahkan oleh garis horizontal untuk menuliskan ringkasan (summary).

Pertama, tuliskan judul di baris paling atas. Untuk menulis detail catatan, pakai kolom catatan (notes) di sebelah kanan. Catat semua gagasan penting yang dijelaskan secara ringkas di sini. Pada kolom isyarat (cue) di sebelah kiri, kita bisa menuliskan gagasan utama (keyword), pertanyaan yang masih perlu dicari kembali dan informasi penting mengenai materi tersebut seperti diagram. Setelah pelajaran berakhir, segera tuliskan 1-2 kalimat ringkasan di kolom paling bawah. Ringkasan berisi refleksi dan gambaran materi secara umum.

3. Metode Mind Mapping (Pemetaan Pikiran)


Rangkuman pelajaran dalam bentuk mind map akan memiliki wujud seperti pohon yang bercabang atau jaring laba-laba di sebuah kertas kosong. Mirip seperti metode outline, kita menuliskan satu judul besar sebagai gagasan utama di tengah halaman.

Namun, alih-alih menuliskan subjudul secara linear ke bawah, kita akan membuatnya bercabang seperti diagram pohon yang memiliki hierarki. Di tiap cabangnya, dituliskan kata kunci penting yang menjadi inti pelajaran. Dengan begitu, kita dapat merangkum seluruh materi hanya dalam satu lembar kertas saja dalam bentuk yang lebih kreatif dan lebih mudah diingat.

4. Metode Pengelompokan / Charting Method


Metode pengelompokan menggunakan kolom untuk mencatat. Metode ini sangat berguna untuk membandingkan antara topic satu dengan topic lainnya yang memiliki sangat banyak hubungan. Kelebihan metode ini ialah kita dapat dengan mudah membandingkan Topik satu dengan Topik lain dengan meliat poin poin penting tiap topic. Mencatat dengan cara ini akan terlihat dengan kertasmu dibagi menjadi beberapa kolom untuk mencatat topic topic yang berbeda. Cara Mencatat dengan metode pengelompokan ialah
  • Ketika Suatu topik dijelaskan maka tulislah poin poin penting topic tersebut di satu kolom
  • Jika telah berganti topic pindahlah ke kolom berikutnya dan tulislah poin poin penting dari topic yang baru

5. Metode Kalimat / Sentence Method


Metode mencatat ini dilakukan untuk meringkas semua materi dari suatu topic dan menjadikannya menjadi dalam beberapa kalimat bukan paragraph yang mewakili setiap kata kunci dari topic tersebut. Metode ini sangat baik digunakan untuk Topik yang tergolong banyak. Mencatat dengan cara ini akan terlihat dengan berbagai kalimat yang sebenarnya merupakan perwakilan dari tiap tiap kata kunci. Jadi setaip topic utama akan diterangkan oleh beberapa kalimat yang mewakili kata kata kunci di topic utama tersebut.

Berikut adalah cara mencatat dengan metode Kalimat :
  • Tulislah Topik Utama dalam pelajaran tersebut
  • Lanjutkan dengan membuat kalimat dari kata kunci di topik tersebut
  • Ingat untuk mencatat dengan cara ini agar dijadikan sebagai kalimat yang terpisah bukan menjadi sebuah paragraf.
Itulah 5 metode yang dapat digunakan untuk merangkum pelajaran. Metode mana yang akan Anda pilih? Silakan disesuaikan dengan kebutuhan. Tiap pelajaran bisa memakai metode yang berlainan bahkan gabungan beberapa metode sekaligus. Nah setelah tahu metode yang tepat, jangan malas untuk merangkum ya!

Sumber : 1

0 Response to "5 Metode dalam Merangkum Suatu Pelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel