-->

10 Manfaat Kumis Kucing yang Jarang Diketahui Orang

Aio Share - Tanaman kumis kucing merupakan salah satu tanaman hias dan belum banyak dikenal. Padahal, kumis kucing terdapat di deretan tanaman herbal tradisional yang mudah ditemukan di lingkungan kita. Jelas, kumis kucing tidak hanya untuk kosmetik, tapi juga jamu yang sedikit dikenal.

Apa saja khasiat kumis kucing? Anda bisa mengetahuinya dengan melihat kandungan kumis kucing. Selain bahan kimia dan nutrisi, mereka juga dapat secara efektif mencegah atau bahkan mengobati berbagai penyakit yang berpotensi berbahaya. Tentunya dengan kelebihan tersebut akan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di lingkungan untuk menunjang hidup sehat.

Jika Anda tidak mengetahui penampakan tanaman kumis kucing, Anda bisa mengamatinya dengan tampilan yang unik, yaitu benang sari memanjang hingga ke luar bunga yang merupakan asal muasal nama kumis kucing. Tanaman hias dan tanaman herbal ini tidak hanya unik dari segi penampilan, tapi juga unik dari segi kesehatan.

Di bawah ini akan kami bahas manfaat menggunakan kumis kucing sebagai obat herbal terpercaya Anda. ingin tahu? mari kita lihat.

10 Manfaat Kumis Kucing yang Jarang Diketahui Orang

1. Obati batuk

Menurut sebuah penelitian, kumis kucing memiliki komposisi kimiawi yang dapat berperan sebagai antibakteri. Kandungan ini khususnya mampu menghilangkan bakteri penyebab batuk. Secara alami, kumis kucing membantu mengatasi gejala batuk. Cara menggunakannya yaitu dengan meminum air kumis kucing rebus.

Rebus saja sekitar 15 hingga 20 gram kumis kucing dalam segelas air mendidih, lalu minum airnya tiga kali sehari, sudah cukup. Setelah itu, Anda bisa merasakan dampaknya secara langsung.

2. Menyembuhkan penyakit pernafasan

Bukan hanya batuk, batuk biasa juga disertai sesak napas. Namun sesak napas terkadang bisa terjadi, terutama bagi mereka yang menderita asma. Nah, dalam hal ini kumis kucing tidak hanya bisa menyembuhkan batuk, tapi juga punya manfaat ganda, yaitu bisa menyembuhkan penyakit pernafasan termasuk asma. Biasanya digunakan dengan tanaman herbal lain seperti jahe dan kunyit.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Salah satu zat bermanfaat yang terdapat pada kumis kucing adalah methyl ripeiochromene A atau disebut juga MRC. Konten ini memiliki aktivitas antihipertensi. MRC juga akan mendorong masuknya garam ke dalam tubuh melalui urin. Oleh karena itu, dalam pengobatan tradisional, kumis kucing efektif menyembuhkan tekanan darah tinggi.

4. Menyembuhkan batu ginjal

apa kamu tahu Kumis kucing yang memiliki efek diuretik dapat digunakan untuk menghambat penggumpalan yang menyebabkan batu ginjal. Tidak hanya efektif mencegah, tapi juga bisa menghilangkan batu ginjal yang mengendap di tubuh. Anda hanya perlu minum air rebusan untuk kumis kucing. Sangat praktis dan mudah menjadikannya pilihan yang efektif untuk pengobatan tradisional.

5. Obati diabetes

Diabetes sering juga disebut diabetes. Ini karena urine pasien mengandung gula. Peningkatan kadar gula dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi ini. Bagaimana kumis kucing mengobati diabetes? Kandungan tanaman ini akan meningkatkan ekskresi glukosa, sehingga nantinya gula darah dapat dikeluarkan dari tubuh.

6. Mengatasi rematik

Selain itu, efektivitas kumis kucing saat ini terkait dengan penyakit persendian. Radang pada persendian dan otot bisa menyebabkan rematik. Ini bisa menyebabkan rasa sakit. Nah, kabar baiknya kumis kucing bisa mengatasi radang otot dan persendian, yang bisa menyembuhkan penyakit.

7. Menghilangkan racun dalam tubuh

Sebagai tanaman dengan kemampuan detoksifikasi yang kuat, kumis kucing dapat mengeluarkan racun racun dari dalam tubuh sehingga mengancam kesehatan. apa kamu tahu Saat Anda mengalami keracunan makanan yang disebabkan oleh Staphylococcus, Anda dapat menggunakan kumis kucing untuk mengobatinya dengan tepat.

8. Mengobati gejala gatal akibat alergi

Bagaimana perasaan Anda saat Anda alergi? Biasanya gejala yang paling umum adalah rasa gatal. Karena alergi, Anda akan merasakan manfaat kumis kucing dalam mengatasi rasa gatal. Bahan aktifnya adalah zat antijamur dan antibakteri, yang bisa membantu meredakan gatal.

9. Bersihkan wajah

Nah, dari sekian banyak manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang sudah kita bahas, untuk saat ini kumis kucing baik untuk kecantikan. Tanaman herbal ini mengandung zat anti inflamasi karena mampu menghilangkan peradangan jerawat, sehingga akan membantu. Jika Anda memproduksi terlalu banyak minyak di wajah, kumis kucing sebenarnya bisa membantu mencegah timbulnya jerawat dan flek.

10. Meredakan masuk angin

Aktivitas yang dilakukan di lingkungan dalam kondisi dingin dapat menyebabkan flu biasa. Faktanya, tidak ada yang namanya flu dalam dunia medis. Namun penyakit ini sendiri memiliki gejala seperti mual, pusing, perut kembung, dan diare pegal-pegal hingga tidak nyaman.

Saat sedang pilek, cobalah konsumsi air putih pada kumis kucing, ini solusi yang efektif. Hanya dengan cara inilah Anda bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Masih meragukan tanaman obat ini? Jika Anda menanamnya di rumah, dapat digunakan untuk kesehatan selain untuk mempercantik fungsi beranda Anda. Itu saja, ingatlah untuk menggunakan tanaman kumis kucing dengan benar untuk manfaat terbaik.

Berbagai keunggulan kumis kucing telah kita bahas. Namun tahukah Anda bahwa ini hanyalah sebagian dari manfaat kumis kucing, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Mari kita manfaatkan ramuan alami di sekitar kita untuk menunjang kesehatan. Semoga bermanfaat.

sumber : | 1 |

0 Response to "10 Manfaat Kumis Kucing yang Jarang Diketahui Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel