-->

10 Dampak Perkembangan Teknologi pada Bisnis

Aio Share - Perkembangan teknologi yang pesat juga mempengaruhi semua aspek kehidupan. Salah satunya di area bisnis. Ada efek positif dan negatifnya. 

Menurut Anda, apa dampak perkembangan teknologi saat ini terhadap bisnis? 

Tentu saja jawaban Anda akan berbeda berdasarkan sudut pandang Anda.

Ada banyak jenis bisnis di seluruh dunia. Beberapa perusahaan menjalankan bisnis kecil dan perusahaan besar, seperti korporasi. Bisnis kecil menggunakan berbagai teknologi, seperti perangkat seluler seperti ponsel Android atau ponsel pintar. Pada saat yang sama, perusahaan besar menggunakan teknologi atau alat yang lebih canggih untuk meningkatkan kinerja dalam ekonomi pasar.

10 Dampak Perkembangan Teknologi pada Bisnis

1. Biaya operasional

Dalam bisnis, biaya operasional tidak akan dihemat. Pemilik usaha kecil dapat menggunakan teknologi untuk mengurangi biaya operasional bisnis. Alat, perangkat lunak dapat digunakan untuk mengelola berbagai aktivitas dalam perusahaan, seperti pencatatan, akuntansi, gaji, pembayaran saham, dll., Untuk mengotomatiskan fungsi back office.

2. Informasi menjadi lebih aman 

Informasi yang dimaksud bersifat sensitif dan hanya orang tertentu yang dapat mengetahuinya secara pribadi. Perusahaan dapat menggunakan teknologi untuk memelihara informasi yang lebih aman, termasuk informasi bagi konsumen. Sekarang kita dapat melihat bahwa berbagai software telah dirancang dengan cara yang user-friendly sehingga pelanggan yang tidak mengetahui teknologi tersebut dapat dengan mudah memanfaatkannya.

3. Meningkatkan proses komunikasi 

Dalam hal ini, teknologi akan sangat membantu pengusaha kecil untuk meningkatkan proses komunikasi. Misalnya, perangkat kompleks yang paling banyak digunakan adalah melalui email, SMS, Whatsapp, Instagram, Twitter, saluran, aplikasi, dll. Perangkat yang disebutkan ini dapat meningkatkan komunikasi dengan lebih banyak konsumen dalam waktu yang relatif singkat. 

Menggunakan metode komunikasi teknis baru ini akan memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan ekonomi pasar dengan mengirimkan informasi. Perusahaan juga akan dengan mudah menerima lebih banyak tanggapan atau umpan balik dari komunikasi elektronik tersebut. Menjalin komunikasi yang baik tidak hanya untuk konsumen, tetapi juga komunikasi antar karyawan atau antar karyawan.

4. Meningkatkan produktivitas karyawan 

Dibandingkan dengan cara manual, penggunaan teknologi seperti komputer, laptop, dan software bisnis biasanya lebih memudahkan karyawan untuk mengolah lebih banyak informasi. Oleh karena itu, pemilik bisnis dapat mengurangi jumlah orang yang menjalankan fungsi bisnis. Jadi pengeluaran perusahaan jadi lebih sedikit, bukan? 

Selain itu, pengusaha juga dapat melakukan perkembangan yang baik, seperti pemanfaatan teknologi untuk memperluas ruang lingkup usahanya. Ini akan lebih efektif dibandingkan jika Anda sebagai pemilik bisnis hanya menggunakan karyawan, karena sudah diketahui bahwa teknologi akan memberikan manfaat berupa hasil produksi yang lebih baik.

5. Perluas pasar 

Teknologi memungkinkan usaha kecil untuk mencapai tonggak sejarah baru di pasar ekonomi baru. Dengan bantuan teknologi, usaha kecil tidak hanya dapat menjual jasa atau barang dalam lingkup konsumen lokal, tetapi juga memasuki pasar regional, nasional bahkan internasional. 

Cara paling umum untuk memperluas pasar adalah dengan menggunakan situs web ritel. Website memiliki banyak keunggulan, mulai dari akses tanpa gangguan 24 jam hingga memudahkan konsumen untuk membeli barang atau jasa kapanpun dan dimanapun. Selain itu, sejauh menyangkut periklanan, iklan dan slogan online akan ditempatkan untuk membantu memperkenalkan produk.

6. Munculnya pekerjaan baru 

Tidak banyak pebisnis yang menyadari bahwa teknologi sebenarnya telah melahirkan banyak profesi atau bisnis baru. Jika Anda pernah mendengar banyak istilah seperti data scientist, digital marketing, content creator, influencer, dll. Bidang pekerjaan ini sangatlah langka sebelum teknologi berkembang begitu pesat seperti sekarang.

7. Standar baru bagi calon pekerja 

Apa kamu tahu Saat ini, hampir semua perusahaan mengharapkan karyawan atau pekerjanya memiliki pemahaman dasar tentang teknologi. Mulai dari memahami sistem yang paling dasar (misalnya pengoperasian komputer), hingga menggunakan berbagai perangkat lunak untuk mengelola data. 

Pekerja dituntut untuk memahami, bahkan harus mahir dalam berbagai bidang yang biasanya berkaitan dengan teknologi. Meski pekerjaan ini mungkin bukan di bidang teknis, namun proses pengoperasiannya tetap menggunakan teknologi.

8. Meningkatnya permintaan pekerja IT

Dengan bertambahnya jumlah perusahaan berbasis teknologi digital, semakin banyak pula perusahaan yang mengadopsi teknologi digital, dan permintaan tenaga kerja di bidang ahli IT juga semakin meningkat. Pakar IT semakin beragam, tidak hanya disebut programmer, tetapi profesinya juga dikembangkan sesuai fokus masing-masing.

9. Membawa peluang bisnis baru 

Teknologi telah memungkinkan munculnya banyak situs e-commerce, ruang lingkup media sosial menjadi lebih luas, dan Internet dapat dengan mudah diakses, dll. Tentunya dengan berbagai kemudahan tersebut, Anda dapat mendirikan bisnis dengan modal yang sangat sedikit. Beberapa orang bahkan tidak membutuhkan modal. Hanya dengan bantuan perangkat seluler mereka bisa berkreasi seperti pengusaha.

10. Kecerdasan buatan 

Sekarang kita dapat melihat bahwa tenaga kerja telah digantikan oleh mesin-mesin berteknologi tinggi. Dengan kata lain, teknologi ini diciptakan oleh kecerdasan buatan yang dapat membuat bisnis berjalan lebih mudah dan cepat. Di masa depan, robotika dapat menggantikan semua pihak sebagai pengambil keputusan.

Demikian informasi terbaru dari pembahasan lengkap mengenai 10 Dampak Perkembangan Teknologi pada Bisnis. Tak hanya dalam bisnis, dampak teknologi juga berdampak pada banyak sektor.

Sebagai pebisnis atau pengusaha, Anda harus memperbarui informasi dan teknologi bisnis untuk menghindari keusangan. Namun, Anda juga perlu memilih teknologi yang ingin Anda terapkan dalam bisnis Anda. Kemajuan teknologi diharapkan dapat dimanfaatkan secara rasional. Semoga bermanfaat.

Sumber : | 1 |

0 Response to "10 Dampak Perkembangan Teknologi pada Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel